Pelayanan dan Peralatan Perpustakaan

Selasa, 02 Februari 2010

BAB I
PENDAHULUAN
Perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan.

Perpustakaan memberi kontribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan. Sedangkan perpustakaan merupakan jantung bagi kehidupan aktifitas akademik, karena dengan adanya perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan.
Untuk memperbaiki kondisi tersebut, perpustakaan harus menjadi sarana aktif/interaktif dan menjadi tempat dihasilkannya berbagai hal baru.

Oleh karena itu pada makalah ini kami bahas tentang salah satu bagian dari manajemen perpustakaan, yaitu tentang pelayanan, perlengkapan dan sumber daya manusia petugas. Yang meliputi : sirkulasi, referensi, tata tertib, peralatan, perlengkapan, keriteria petugas, da kiat menarik pengunjung.
Semoga dengan pembahasan ini dapat memberikan kontribusi dan pemahaman mahasiswa tentang pengelolaan perpustakaan.


BAB II
PEMBAHASAN
A.Pelayanan
Perkembangan perpustakaan dilihat dari kepentingan pengguna dirasakan belum menggembirakan. Masih banyak “tuntutan” pengguna yang belum dapat dipenuhi oleh perpustakaan.

Untuk itu perlu kiranya dipikirkan sebuah sinergitas yang mengakomodasi kedua kepentingan tersebut sehingga terjadi keseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan tersebut. Perpustakaan, Universitas dan Pengguna perlu berjalan bersama untuk memikirkan sebuah perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik.
Bidang layanan perpustakaan ini dapat dilihat dari beberapa hal seperti:
a. Layanan Sirkulasi
Penerapan dalam bidang layanan sirkulasi dapat meliputi banyak hal diantaranya adalah layanan peminjaman dan pengembalian, statistik pengguna, administrasi keanggotaan, dll. Selain itu dapat juga dilakukan silang layan antar perpustakaan yang lebih mudah dilakukan apabila teknologi informasi sudah menjadi bagian dari layanan sirkulasi ini.
b. Layanan Referensi
Penerapan dalam layanan referensi dan hasil-hasil penelitian dapat dilihat dari tersedianya akses untuk menelusuri sumber-sumber referensi bahan pustaka yang ada.
c.Layanan Tata tertib
Mahasiswa yang akan meminjam koleksi perpustakaan wajib mentaati tata tertib sebagai berikut :

a).Menunjukan kartu anggota perpustakaan yang masih berlaku.
b). Bertanggung jawab atas bahan bacaan yang di pinjam dan tidak di perkenankan mengembalikan buku melalui orang lain.
c).Jangka waktu peminjaman bahan pustaka untuk di bawa pulang kerumah : mahasiswa, dosen, serta karyawan maksimal 1 ( satu ) minggu apabila terlambat dikenakan sangsi/ denda Rp. 500.- ( lima ratusrupiah ) satu hari satu buku.
e).Wajib meninggalkan identitas diri ( kartu tanda mahasiswa, kartu forum, DPP ( pembayaran uang perkuliahan ) yang masih berlaku pada petugas bagian peminjaman .
f).Buku pinjaman dapat di perpanjang kembali bila tidak ada yang memerlukannya, untuk memperpanjang jangka waktu peminjaman buku tersebut, harus di bawa kebagian peminjaman guna untuk di berikan tanggal kembali yang baru. Lamanya perpanjangan buku 2( dua ) kali 1 ( satu ) minggu bagi mahasiswa.

B. Perlengkapan
Perabot perpustakaan adalah sarana pendukung atau perlengkapan
perpustakaan yang digunakan dalam proses pelayanan pemakai perpustakaan dan merupakan kelengkapan yang harus ada untuk terselenggaranya perpustakaan.
Yang termasuk dalam perabot/perlengkapan perpustakaan antara lain : Rak buku, Rak majalah, Rak surat kabar, Rak atlas dan kamus, Papan peraga / pameran, Laci penitipan tas, Lemari catalog, Lemari multi media, Lemari Arsip, Meja dan kursi sirkulasi, Meja dan kursi baca, Meja dan kursi pegawai, Kereta buku, barang, dan Tangga beroda.

Sedangkan peralatan perpustakaan adalah barang-barang yang diperlukan secara
langsung dalam mengerjakan tugas/kegiatan di perpustakaan. Yang termasuk
dalam perlengkapan perpustakaan antara lain :buku pedoman perpustakaan,Buku klasifikasi, Kartu catalog, Buku Induk, Kantong buku, Lembar tanggal kembali, Label, Cap inventaris, Cap perpustakaan, Bak stempel, Kartu pemesanan, Mesin ketik/Komputer, ATK, Selotip,dan Lem dll.












0 komentar:

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum