Hakikat Cinta

Minggu, 14 November 2010

Mula-mula permainan, lama-lama menjadi sungguhan, itulah perjalanan cinta. Cinta memiliki makna yang indah dan agung. Tak ada kata-kata yang mampu melukiskan keindahan dan keagungannya. Hakikat cinta tak dapat ditemukan selain dengan segenap kesungguhan pengamatan dan penjiwaan. Cinta adalah urusan hati. Dan hati adalah urusan Ilahi.

Cinta adalah penghubung jiwa-jiwa manusia yang beraneka corak dan warna. Sedangkan jiwa adalah inti kebudiluhuran manusia. Jiwa adalah kejernihan dan kebeningan serta ketentraman. Jiwa selalu menyertai langkah manusia yang tiada henti memburu ketenangan dan ketentraman.

Sesungguhnya cinta merupakan sesuatu yang bersemayam dalam jiwa yang terdalam. Cinta adalah bayangan indah yang terhujam dalam jiwa. Cinta adalah selaksa kasih yang terukir dalam hati manusia.

Jika ada orang yang tak membalas cinta, sesungguhnya jiwanya tidak dapat merasakan ketersambungan getaran cinta yang disampaikan oleh jiwa orang yang mencintinya. Jika seseorang merasakan getaran cinta, maka segenap perhatian cinta kasih dan sayangnya akan tercurah pada sang kekasih tercinta. Ia curahkan segalanya dengan penuh kesadaran hati untuk mempersatukan jiwanya dengan jiwa sang keksihnya. Saat ia terpisah, maka ia akan mencarinya,ia akan mendatanginya, dan ia selalu merindukannya.

Jiwa-jiwa manusia laksana pasukan bersenjata. Yang saling mengenal akan menyatu. Dan yang tidak saling mengenal akan bercerai. Cinta adalah kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan. Cinta sejati adalah kesucian yang harus dijaga. Cinta yang semestinya adalah berhulu iman, bermuara takwa, dan kebersihan jiwa.

Namun, terkadang cinta juga menjadi racun dalam kehidupan manusia. Dengan cinta permusuhan merajalela, akan timbul rasa benci tanpa alasan dan tujuan yang tak mesti, serta dengan cinta terkadang kita enggan untuk berjumpa tanpa alasan yang nyata.

Obat dari semua itu adalah sejauh mana kita berinteraksi dengan orang yang kita cinta…? Sejauh mana kita berkunjung ke tempat yang kita suka…? Dan sejauh mana kita melakukan sesuatu yang kita senangi…?

Satukanlah jiwa-jiwa kalian dengan cinta yang hakiki. Yaitu mencintai karena Allah semata. Karena itulah paling utamanya cinta. Dengan cinta perdamaian akan tercipta. Dengan cinta pula ketentraman jiwa akan terjaga. Cinta membuat hal yang dipandang hina menjadi mulia. Dan cinta akan merubah yang rumit menjadi mudah……….!

“Dialah yang menciptakan dirimu dari jiwa yang satu ( Adam ) dan darinya Dia menciptakan pasangannya agar dia merasa senang kepadanya…….”( QS.Al-A’raf 189 )

7 komentar:

  1. Anonim mengatakan...:

    anda sedang jatuh cinta....?renungi tulisan ini.....!

  1. Nashrullah mengatakan...:

    hoy-hoyyy.... cinta itu buta man! anugerah Yang Kuasa yang tidak asal-asalan

    by the way Ibnu Hazm memang luar biasa

  1. Nashrullah mengatakan...:

    tidak asal-asalan melampiaskannya................

  1. Anonim mengatakan...:

    jangan lupa untuk koment di blog orang

  1. zanck mengatakan...:

    visit me, please..

    http://uzanck-area.blogspot.com/

  1. Anonim mengatakan...:

    mencintai seseorang karena Allah maka akan mersakan manisnya iman kawan.......!

  1. Afdil Abidin Surayo mengatakan...:

    sudahkah yg menulis menemukan cinta sejatinya..??? klu blum hati2..!!!

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum