Perencanaan Sistem Pembelajaran

Senin, 31 Januari 2011

Perencanaan dapat diartikan sebagai menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan fakta, imajinasi dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan menvisualisasikan dan menformulasikn hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batasan-batasan yang dapat diterima yang akan digunakan dalam penyelesaian. Perencanaan dapat juga diartikan sebagai hubungan antara apa yang ada sekarang dengan bagaimana seharusnya yang bertalian dengan kebutuhan, penentuan tujuan, prioritas, program, dan alokasi sumber.

Pembelajaran adalah totalitas aktivitas belajar yang dawali dengan perencanaan dan diakhiri dengan evaluasi dan kemudian dilanjutkan dengan follow up. Pembelajaran berbeda dengan pengajaran, pembelajaran lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar, dan guru berfungsi sebagai pengarah dan pembimbing siswa. Sedangkan pengajaran lebih menekankan pada kektifan guru dalam proses belajar mengajar.

Sistem adalah suatu kesatuan komponen yang saling berinteraksi secara fungsional, diamana masing-masing komponen tersebut tidak dapat dipish-pisahkan. Sistem pembelajaran merupakan keterkaitan antara berbagai komponen dalam pembelajaran yakni tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, kegiatan belajar mengajar yang dilakuakn oleh guru dan siswa, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran, media dan alat sumber belajar, serta evaluasi pembelajaran.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa yang maksud dengan perencanaan sistem pembelajaran adalah pemikiran atau persiapan yang dilakukan oleh guru, untuk melaksanakan tugas pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran dan melalui langkah-langkah pembelajaran. Perencanaan sistem pembelajaran dapat juga diartikan sebagai pemikiran tentang penerapan prinsip-prinsip umum pembelajaran dalam rangka pelaksanaan tugas mengajar dalam suatu interaksi pembelajran tertentu dan khusus, baik yang lansung didalam kelas maupun di luar kelas.

Tujuan perencanaan sistem pembelajaran adalah agar proses kegiatan belajar mengajar terencana secara sistematis sehingga dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dan dievaluasi secara efektif dan efisien. Dengan perencanaan inilah diharapkan tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Sedangkan fungsi perencanaan sistem pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi para gurudalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sehingga proses belajar mengajar lebih terarah, efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

0 komentar:

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum