Asas-Asas Penilaian Kurikulum

Kategori Berita

Azwar Halaman Atas 950x250

IMG-20190815-WA0003

Asas-Asas Penilaian Kurikulum

Subliyanto
Kamis, 03 Februari 2011
Hamalik (1992:212) menyebutkan bahwa penilaian kurikulum berdasarkan asas-asas sebagai berikut :
a. Rasional, artinya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang mendsar dan objktif.
b. Spesifikasi, artinya mengandung tujuan-tujuan yang jelas dan khusus.
c. Manfaat, artinya sesuai dengan hakekat peserta yang mempelajari kurikulum tersebut.
d. Efektifitas, artinya mengacu pada cirri-ciri dan kondisi yang perlu untuk melaksanakan kurikulum.
e. Kondisi, artinya persyaratan yang diperlukan untuk melaksanakan kurikulum.
f. Praktis, artinya mengacu pada faktor-faktor dasar yang menunjang pelaksanaan kurikulum.
g. Desiminasi, artinya berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum yang efektif.

Adapun aspek-aspek kurikulum yang perlu dinilai terdiri dari katagori masukan, katagori proses, dan katagori produk. Katagori masukan yaitu kecapaian target, kemampuan awal, kemampuan pendidik, mutu sarana, pemanfaatan waktu yang tersedia, dan sumber informasi. Katagori proses yaitu keterlaksanaan dan penggunaan metode. Adapun katagori produk, yaitu kuantitas dan kualitas lulusan serta keberhasilan ilmu.

Tentang berhasil tidaknya suatu kurikulum Sukmadinata (2000 : 126) berpendapat bahwa keberhasilan pengajran atau pelaksanaan kurikulum sangat dipengaruhi oleh kondisi dan aktvitas siswa, guru, serta para pelaksana kurikulum lainnya. Seperti kondisi lingkungan fisik, sosial budaya dan psikologi sekitar serta kondisi dan kelengkapan sarana dan prasarana.