Marhaban Ya Ramadhan

Rabu, 10 Juli 2013

1.Ramadhan Adalah Bulan Ibadah, Bulan Tarbiyah, Dan Bulan Jihad

"Hai orang-orang yang beriman,diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" (QS.al-Baqarah : 183).

“Sungguh telah datang kepadamu bulan yang penuh berkah, dimana Allah mewajibkan kamu berpuasa, di saat pintu-pintu surga terbuka, dan pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya dijumpai satu malam yang nilainya lebih berharga daripada seribu bulan. Maka barang siapa yang tidak berhasil memperoleh kebaikannya, sungguh ia tidak mendapat kebaikan itu selama-lamanya” ( HR.Ahmad,Nasa’i,dan Baihaqi ).

Dalam rangka menyambut bulan ramadhan yang penuh barakah ini, marilah kita senantiasa menjadikan bulan mulia ini sebagai bulan ibadah,bulan tarbiyah,dan bulan jihad.

Sebagai bulan ibadah, marilah kita jadikan bulan ini untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak ibadah kepada-Nya. Jangan sampai lewatkan detik-detik ramadhan tanpa nilai ibadah. Jika pada bulan-bulan yang lain kita masih jarang melaksanakan ibadah sunnah, maka di bulan ini marilah kita berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakannya. Dan marilah kita hiasi ramadhan kita dengan memperbanyak membaca al-Qur’an, berdzikir, dan berdo’a kepada Allah swt.

Sebagai bulan tarbiyah, marilah kita jadikan bulan suci ini untuk senantiasa meningkatkan intensitas belajar kita. Jangan jadikan alasan hanya karena kita berpuasa justru kita libur belajar, karena perintah belajar kepada kita tidak terbatas umur dan waktu, perintah belajar kepada kita hingga kita mati.

Sebagai bulan jihad, marilah kita jadikan bulan ini untuk berperang melawan hawa nafsu kita, berupa kemalasan, ketidak disiplinan, sombong, dan penyakit hati lainnya. Kita adalah mujahid yang melawan diri kita sendiri dan melawan kemungkaran yang ada di muka bumi ini.



2.Empat Makna Dibalik Puasa

Puasa memiliki makna,rahasia dan tujuan, tidak ada yang bisa mengetahuinya kecuali orang-orang yang menghidupaknnya dengan gembira dan amal shaleh. Diantara makna puasa adalah :

Pertama, puasa adalah sarana dan jalan menuju takwa kepada Allah,oleh karena itu Allah mengakhiri firmannya dengan “agar kamu bertakwa”.

Kedua, puasa mengingatkan kita kepada orang-orang yang kelaparan karena kemiskinan yang tidak pernah diketahu oleh orang-orang kaya,oleh karena itu pada bulan ini sangat dianjurkan untuk bersadaqah,utamanya kepada mereka yang miskin.

Ketiga, puasa memberi kesempatan kepada kita untuk beribadah secara total. Hal tersebut karena jiwa ketika ia makan dan kenyang serta banyak minum, maka jiwa itu terasa berat dan cenderung condong ke tanah. Sebaliknya ketika ia lapar dan dahaga,ia akan pergi menuju langit,menuju Allah yang Maha hidup dan Maha berkuasa.

Keempat, puasa merupakan sarana untuk menghidupkan hati, karena sesungguhnya nutrisi hati bukanlah makanan dan minuman akan tetap nutrisi hati adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah swt.


3.Tiga Substansi Puasa
 
Sesungguhnya puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan dahaga,akan tetapi semua anggota tubuh kita juga harus berpuasa agar puasa kita tidak sia-sia. Agar puasa yang kita lakukan tidak hanya diartikan dengan sekedar menahan lapar dan dahaga semata, maka kita harus memahami substansi-substansi yang terdapat pada puasa ramdhan. Substansi-substansi tersebut diantaranya adalah :

Pertama, substansi puasa adalah untuk mengetahui kejujuran iman kita, karena syari’at puasa diturunkan agar kita memahami bahwa dengan puasa Allah hendak menguji keimanan kita, Allah ingin menguji apakah kita jujur kepadaNnya atau tidak. Sehingga Allah katakan bahwa :
“Setiap amal bani adam adalah baginya kecuali puasa, sesungguhnya ia (puasa) bagi-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya”.

Kedua, substansi puasa adalah dengan menghadirkan niat yang ikhlas dalam menjalankan ibadah puasa, karena segala bentuk ibadah sangat tergantung kepada niatnya, sehingga tidak ada pahala bagi orang yang beribadah tanpa adanya niat yang ikhlas karena Allah.

Ketiga, substansi puasa adalah menghiasi ibadah puasa kita dengan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya menghabiskan perjalanan puasa kita dengan tidur agar puasa kita lebih bermakna disisi Allah. Banyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk kita kerjakan di bulan suci ramdhan, salah satunya adalah dengan memperbanyak membaca al-Qur’an, bersedekah, dan ibadah-ibadah yang lain, yang mana semua amal ibadah yang dikerjakan pada bulan rmadhan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah.

0 komentar:

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum