Kelayakan Seorang Pemimpin

Rabu, 25 September 2013

Baru-baru ini kita disuguhkan dengan informasi seputar ditolaknya Ruhut Sitompul oleh beberapa fraksi di Komisi III untuk menduduki kursi kepemimpinan di Komisi III DPR RI. Dalam tulisan ini penulis tidak akan mengomentari hal tersebut, akan tetapi setidaknya fenomina tersebut menjadi contoh kongkrit bagi kita semua bahwa betapa sulitnya mencari sosok pemimpin yang ideal, yang layak dan diterima oleh masyarakat umum.

Seorang pemimpin adalah orang yang mampu memegang setir dalam sebuah roda organisasi. Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemahiran dan keahlian terhadap sebuah bidang yang dipimpinnya. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah bagi seorang pemimpin juga harus mencerminkan aura keteladanan pada dirinya. Keteladanan dipancarkan dalam rekam jejak atau Track Record dari sosok seorang pemimpin.

Setidaknya dalam memilih seorang pemimpin harus terjawab beberapa pertanyaan yang mewakili kriteria seorang pemimpin. Hemat penulis pertanyaan tersebut meliputi tentang kemampuan, sikap, pengalaman, serta interaksi sosial dalam kehidupan calon pemimpin.

Sejatinya seorang pemimpin tidak hanya memiliki satu disiplin ilmu yang terkait dengan bidang yang dipimpinnya. Akan tetapi seorang pemimpin juga harus memiliki ilmu-ilmu lain yang erat kaitannya dengan bidangnya, yang mana semua itu harus terintegrasikan dalam jiwa kepemimpinan seseorang. Sebut saja ilmu komunikasi, ilmu hukum, ilmu strategi, dan ilmu kepemimpinan tentunya.

Sehingga kemampuan seseorang, sikap seseorang, pengalaman seseorang, serta interaksi sosial seseorang merupakan elemen terpenting dalam memilih seorang pemimpin, karena “Track Record yang baik akan menentukan masa depan yang baik”. Matur Nuwun Sanget…!  []

0 komentar:

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum