Belajar Diwaktu Libur

Jumat, 27 Desember 2013


“Assalamu’alaikum... Gimana kabarnya pak, sehat...?” tanya salah seorang guru SDIT Hidayatullah kepada salah satu orang tua murid saat silaturrahim ke rumahnya. Orang tuapun menjawab salam dan sapaannya “wa’alaikumussalam... Alahmdulillah sehat pak...!” dan menyambut kedatangannya dengan penuh rasa bahagia.

Kemudian guru itu menanyakan anaknya yang sekaligus menjadi murid SDIT Hidayatullah. “Nisa dimana pak...?” Bapakpun menjawab “nich lagi di rumah si mbok pak”. Tak lama kemudian disela-sela perbincangan Nisa datang dengan membawa buku gambar dan pensil berwarna. “Nisa liburan kemana..?” sapa guru SDIT Hidayatullah kepada Nisa. “di rumah aja pak belajar” sahutnya.

“di rumah saja pak belajar” merupakan sebuah kalimat yang mengandung makna yang sangat dalam. Kalimat itu merupakan kalimat motivasi yang menunjukkan bahwa semangat belajar yang ada pada diri anak sangat tinggi, sehingga diwaktu liburpun dia memanfaatkan waktu liburnya untuk belajar.

Kita perlu mengapresiasi kepada anak-anak yang mempunyai semangat belajar yang tinggi, karena tidak banyak anak-anak yang mempunyai semangat belajar yang tinggi seperti ini. Tentunya semua itu juga tidak lepas dari dukungan orang tua yang peduli terhadap pendidikan anaknya.

Karenanya Rasulullah saw. Bersabda : { dari Ibnu Umar rodhiallahu ‘anhu berkata: Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam memegang pundakku dan bersabda, “Jadilah engkau di dunia ini seperti orang asing atau penyeberang jalan.” Ibnu Umar rodhiallahu ‘anhu berkata, “Jika kamu berada di sore hari, jangan menunggu pagi hari, dan jika engkau di pagi hari janganlah menunggu sore, manfaatkanlah masa sehat. Sebelum datang masa sakitmu dan saat hidupmu sebelum datang kematianmu.” (HR. Bukhari) }

Hadits di atas menunjukkan betapa berharganya waktu yang kita miliki, sehingga kita perlu memanfaatkannya semaksimal mungkin, karena jika tidak maka kita akan ketinggalan ataupun kehilangan sesuatu yang sangat berharga untuk kita yaitu ilmu.

Memang sejatinya belajar tidak mengenal waktu, sehingga tidak ada waktu yang sia-sia dalam hidup ini. Rasulullah saw. Bersabda “Di antara tanda-tanda hari kiamat ialah diangkatnya ilmu, munculnya kebodohan, banyak yang meminum arak, dan timbulnya perzinaan yang dilakukan secara terang-terangan”. (Shahih Muslim No.4824)

Yuk kita manfaatkan waktu libur ini untuk senantiasa belajar. Semoga Allah swt. Memberi kemudahan bagi kita dalam melaksanakan perintahnya yang berupa belajar. Wallahu a’lam []

1 komentar:

  1. Bilal157 mengatakan...:

    maaf sekedar ingin tau saranya
    apakah anak diharuskan pariwisata setiap orang tuanya libur ?
    makasih...

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum