Menulis Adalah Investasi

Selasa, 15 Maret 2016

Oleh : Subliyanto*
Setiap manusia mempunyai kewajiban untuk membaca dan menulis. Hal itu sebagaimana termaktub dalam firman Allah surat al-‘Alaq ayat 1-5 :

Artinya : “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang telah menciptkan (1). Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah (2). Bacalah, dan Tuhanmu yang Maha Mulia (3).  Yang mengajarkan (manusia) dengan perantara qalam (4). Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahui (5)”.

Dengan membaca, kita dapat mengetahui kebenaran dan kebaikan. Dan dengan menulis kita dapat menyampaikan kebenaran dan kebaikan yang telah kita ketahui.

Tidak hanya itu, namun menyampaikan kebenaran dan kebaikan melalui tulisan juga menjadi investasi amal kita sepanjang hayat, dan dapat kita dapat memetiknya kelak di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya : “ Barangsiapa yang menunjukkan kepada sebuah kebaikan, maka baginya seperti pahala orang yang melakukannya. (HR. Muslim)”

Hadits di atas menunjukkan bahwa betapa pentingnya kebenaran dan kebaikan untuk kita sampaikan dan kita sebar luaskan, termasuk melalui tuisan.

Selanjutnya, kalau kita kaitkan dengan dunia tulis-menulis, tentunya hadits di atas juga menjadi peluang bagi kita untuk mengamalkannya dalam bentuk tulisan.

Satu kebaikan dan kebenaran yang kita tulis, kemudian dengan tulisan tersebut membuat pembaca terketuk hatinya, dan tergerak jasadnya untuk melakukannya, maka sebagaimana hadits tadi, bahwa kita akan memdapatkan pahala seperti orang yang melakukannya.

Dan ini merupakan peluang investasi yang nyata bagi kita. Semakin banyak kebenaran dan kebaikan yang kita sebar melalui tulisan, dan semakin banyak pembaca yang mengamalkan, maka semakin banyak juga pahala yang akan kita dapatkan.

Tentunya semua itu harus kita landasi dengan niat yang ikhlas, dan disuport dengan do’a, dengan harapan semoga Allah senantiasa memberi hidayah kepada para pembaca tulisan kita.

Semoga kita dapat memanfaatkan peluang ini. Sehingga kita dapat menjadi corong kebenaran dan kebaikan di muka bumi ini dengan menulis.
                              
*Penulis adalah pendidik di Sleman Yogyakarta. Twitter : @Subliyanto

0 komentar:

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum