Subliyanto : Menulis dan Membaca Adalah Perintah Allah

Senin, 14 Maret 2016

"Menulis dan membaca adalah perintah Allah". Hal itu disampaikan oleh Subliyanto dalam sambutannya selaku ketua panitia kegiatan training jurnalistik yang diselenggarakan oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Jogja, di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UINSUKA) Jogja. (Sabtu, 12/03/2016).

Biatul Maal Hidayatullah (BMH) Jogja  merupakan salah satu lembaga amil zakat yang berada di Jogja. Salah satu programnya adalah melakukan pembinaan kepada masyarakat, sebagai upaya untuk ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Program tersebut diwujudkan dalam kegiatan pembinaan potensi generasi muda dalam dunia kepenulisan, berupa training jurnalistik yang diselenggarakan di gedung treatrikal perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UINSUKA) Jogja.

Kegiatan yang mengusung tema " Menulis Untuk Bangsa" tersebut diikuti oleh 100 peserta pendaftar pertama dari 405 lebih peserta yang mendaftar dari berbagai kampus di wilayah Jogja dan sekitarnya.

Hadir sebagai pemateri pada kegiatan itu redaktur pelaksana hidayatullah.com, Cholis Akbar, redaktur majalah mulia, Imam Nawawi, dan wartawan majalah suara hidayatullah, sekaligus ketua umum Penulis Muda Nusantara (PENA), Masykur.

Menurut Subliyanto, selaku ketua panitia, kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya memberi wadah kepada para peserta untuk senantiasa menuangkan ide dan gagasannya serta mengabarkan kebenaran melalui tulisan. Karena hal tersebut merupakan bentuk pengamalan dari perintah Allah, yaitu membaca dan menulis, sebagaimana termaktub dalam alQur'an surat al-Alaq dan surat alQalam.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya memberi wadah kepada para peserta untuk senantiasa menuangkan ide dan gagasannya serta mengabarkan kebenaran melalui tulisan. Karena hal tersebut merupakan bentuk pengamalan dari perintah Allah, yaitu membaca dan menulis, sebagaimana termaktub dalam alQur'an surat al-Alaq dan surat alQalam". Jelas Subliyanto.

Subliyanto menambahkan, kegiatan tersebut akan ditindak lanjuti dengan pembentukan pengurus komunitas Penulis Muda Nusantara (PENA) untuk wilayah Jogja dan sekitarnya. Sehingga para peserta mendapatkan pembinaan lanjutan dalam dunia jurnalistik oleh tim PENA pusat.

"Kegiatan ini akan ditindak lanjuti dengan pembentukan pengurus komunitas Penulis Muda Nusantara (PENA) untuk wilayah Jogja dan sekitarnya. Sehingga para peserta mendapatkan pembinaan lanjutan dalam dunia jurnalistik oleh tim PENA pusat". Imbuhnya.

Sementara itu, Firman selaku pimpinan BMH Jogja dalam sambutannya, memperkenalkan tentang kiprah BMH Jogja, yang salah satunya adalah dibidang pendidikan melalui kegiatan pembinaan dan training bagi masyarakat umum, khususnya kalangan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Firman berharap agar kegiatan tersebut dapat melahirkan generasi penulis yang aktif sehingga mampu membuat perubahan bangsa menjadi semakin baik.

"Harapnnya dengan kegiatan ini dapat melahirkan generasi penulis yang aktif sehingga mampu membuat perubahan bangsa menjadi semakin baik". Harap Firman

Kegiatan dibuka langsung oleh perwakilan dari Aliansi Jurnalistik Independen (AJI) Jogja, Masjidi, MA.

0 komentar:

 
SUBLIYANTO.ID © 2011 | Designed by RumahDijual, in collaboration with Online Casino, Uncharted 3 and MW3 Forum