Pahamilah Media Sosialmu

Kategori Berita

Azwar Halaman Atas 950x250

IMG-20190815-WA0003

Pahamilah Media Sosialmu

Subliyanto
Senin, 22 Juli 2019

Oleh : Yudis Wahyudi*

Di era digital,  ucapan dan amalan yang sangat penting untuk lebih diperhatikan adalah apa yang kita tulis dengan tekanan tuts jari kita dan apa yang kita 'SHARE'  di banyak Platform Media Soosial (MedSos)

Sungguh sangat mungkin terjadi, apa yang kita tulis atau kita bagikan tersebut adalah 'status' terakhir kita yang akan dibaca oleh jutaan manusia tanpa mampu kita 'sunting' kembali, maka jadikanlah statusmu sebagai ladang pahala yang akan terus mengalir sepeninggalmu, bukan dosa yang akan terus engkau panen sepeninggalmu... 

Rasulullah bersabda,

 ﻣَﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﻫُﺪًﻯ ﻛَﺎﻥَ ﻟَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻷَﺟْﺮِ ﻣِﺜْﻞُ ﺃُﺟُﻮﺭِ ﻣَﻦْ ﺗَﺒِﻌَﻪُ ﻻَ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺫَﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺃُﺟُﻮﺭِﻫِﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ ﻭَﻣَﻦْ ﺩَﻋَﺎ ﺇِﻟَﻰ ﺿَﻼَﻟَﺔٍ ﻛَﺎﻥَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻣِﻦَ ﺍﻹِﺛْﻢِ ﻣِﺜْﻞُ ﺁﺛَﺎﻡِ ﻣَﻦْ ﺗَﺒِﻌَﻪُ ﻻَ ﻳَﻨْﻘُﺺُ ﺫَﻟِﻚَ ﻣِﻦْ ﺁﺛَﺎﻣِﻬِﻢْ ﺷَﻴْﺌًﺎ 

“Barangsiapa yang mengajak kepada hidayah maka ia mendapatkan pahala orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barangsiapa yang mengajak kepada kesesatan maka ia mendapatkan dosa orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.” (HR. Muslim).

INTRODUCTION

Dari seluruh pengguna internet di Indonesia, berdasar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), diketahui mayoritas yang mengakses dunia maya adalah masyarakat dengan rentang usia 15 hingga 19 tahun. Ini menunjukkan bahwa konten-konten yang beredar di Internet harus lebih diawasi dan diketahui oleh Orang Tua, Guru, Tokoh dan Bahkan Juga Pemerintah.

"Untuk umur, paling banyak di usia 15 sampai 19 tahun. Makanya konten-konten harus semakin diperhatikan," Henri Kasfie Sekjen APJII

Dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa penduduk Indonesia, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8 persen yang sudah terhubung ke internet.

Kontribusi terbesar atas penetrasi internet di Indonesia berasal dari : 
1. Pulau Jawa. Angka penetrasi di pulau Jawa mencapai 55 persen dari total keseluruhan. Sementara 

2. Pulau Sumatera berada di posisi kedua dengan menyumbang penetrasi sebesar 21 persen.

3.Di Pulau Jawa, Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah dengan angka pengguna internet terbesar yang mencapai 16 persen.

4.Sementara di Pulau Sumatera, Provinsi Sumatera Utara menjadi wilayah dengan jumlah pengguna internet terbesar yang mencapai angka 6,3 persen.

*Penulis ASN di Diskominfo Pemekasan. Diolah dari beberapa Sumber.
#KOMPAS DAN APJII