Pentingnya Mengajarkan Bahasa Arab Bagi Anak

Kategori Berita

Azwar Halaman Atas 950x250

IMG-20190815-WA0003

Pentingnya Mengajarkan Bahasa Arab Bagi Anak

Subliyanto
Rabu, 24 Juli 2019

Bahasa Arab adalah kunci segala ilmu. Semakin kuat penguasaan anak terhadap bahasa Arab, maka itu menjadi sarana baginya untuk dengan mudah menguasai ilmu apapun yang dia pelajari. Bahasa Arab adalah bahasa alQur'an dan hadits Nabi. Rasulullah SAW, memerintahkan untuk mengajarkan bahasa ini dan memberikan perhatian yang cukup terhadap pertumbuhan anak-anak untuk menguasainya. 

Diantara besarnya perhatian beliau terhadap bahasa Arab, beliau menerima tebusan tawanan perang Badar dengan mengajarkan baca-tulis bahasa Arab untuk anak-anak kaum muslimin. Setiap tawanan menebus dirinya sendiri dengan mengajarkan baca-tulis bahasa Arab kepada sepuluh orang anak sahabat.

Abul Hasan al-Mawardi mengingatkan tentang pentingnya mengajarkan bahasa Arab kepada anak. Menurut beliau, apabila seorang anak sudah mencapai usia pendidikan, maka sepatutnya dimulai dengan mengajarkan alQur'an bersamaan dengan bahasa Arab. Sebab Allah SWT, menurunkan alQur'an dengan menggunakan bahasa Arab, menjelaskan syariat dan berbagai kewajiban dalam agama-Nya juga menggunakan bahasa Arab, dan dengan bahasa Arab pulalah Rasulullah SAW, menjelaskan sunnah-sunnah beliau.

Oleh karena itu anak-anak harus mempelajari bahasa Arab. Karena kalau tidak, anak-anak kita akan menjadi orang yang tidak mengerti tentang urusan agama.[]

*Dirangkum dari buku Prophetic Parenting